Komunitas Pendaki Gunung : Mengapa kita harus KOPDAR ?

Mengapa kita harus KOPDAR ?

Kopdar Komunitas Pendaki Gunung Regional Bogor
Apa itu KOPDAR ?
KOPDAR adalah singkatan dari Kopi Darat yang artinya adalah upaya untuk mengumpulkan para aktifis media sosial untuk dapat bertatap muka secara langsung. Istilah Kopi Darat dimaksudkan agar para aktifis media social dapat turun langsung ke darat, bukan sekedar berceloteh di media social. Di “darat” tersebutlah para aktifis sosial media dapat bertatap muka sambil menikmati sajian kopi. 

KOPDAR digunakan sebagai upaya oleh Komunitas Pendaki Gunung untuk mengumpulkan para aktifis media sosial. Kami berharap para aktifis media sosial tidak hanya sekedar bicara, tapi juga harus merealisasikan apa yang telah dibicarakan. Hal ini didasarkan pada banyaknya kritikan atau masukan yang dilayangkan oleh para pendaki gunung di dalam grup Facebook Komunitas pendaki gunung. Pada dasarnya setiap orang bisa bicara, tapi tidak setiap orang bisa bekerja. Jika semua orang hanya bisa bicara, kemudian siapa yang harus bekerja ?

Kopdar Komunitas Pendaki GunungYogyakarta
Apa yang dibahas ketika KOPDAR ?
Kopdar selalu diawali oleh perkenal agar setiap peserta dapat mengenal lebih jauh sesama peserta kopdar. Di dalam event KOPDAR kita bisa tahu bagaimana wujud asli pemilik akun media social. Pada saat KOPDAR biasanya disediakan daftar hadir oleh panitia agar peserta KOPDAR dapat menuliskan nama, alamat beserta nomor yang dapat dihubungi. Informasi ini akan disimpan sebagai dokumen panitia juga dapat diberikan kepada peserta kopdar yang menginginkan. 

Setelah saling kenal satu sama lain acara selanjutnya adalah pembahasan tentang tujuan utama dari KOPDAR itu sendiri. KOPDAR digunakan pengurus KPG untuk melakukan sosialisasi tentang kegiatan kegiatan yang sudah pernah dilakukan oleh KPG. KOPDAR juga digunakan sebagai upaya untuk mewadahi para aktifis media sosial yang ingin berpartisipasi nyata membangun bangsa. Pada event KOPDAR ini biasanya pengurus KPG akan membuka forum tentang penyelenggaraan acara tertentu atau membahas pegerakan KPG selanjutnya. Peserta KOPDAR dapat menawarkan ide dan gagasan yang bermanfaat bagi alam dan bangsa atau menawarkan diri menjadi panitia pelaksana kegiatan tertentu. 

Memang KPG adalah Komunitas yang menjadi wadah bagi para pendaki gunung. Tapi sebagai pendaki gunung kami sadar bahwa kami juga harus ikut menjaga kebersihan lingkungan, berbakti kepada masyarakat dan juga ikut serta meningkatkan SDM dalam bidang pendakian gunung.  Memangnya kalau bukan kita siapa lagi ?

Selain itu KOPDAR juga bertujuan untuk menjadi penyambung silaturahmi antar pendaki gunung. Diharapkan peserta KOPDAR dapat menjadi kawan atau bahkan keluarga besar yang saling peduli satu sama lain. Disinilah pokok inti Komunitas pendaki gunung didirikan, untuk menjadi wadah bagi seluruh pendaki gunung di Indonesia.

Kopdar Komunitas Pendaki Gunung Regional Jakarta

Tema KOPDAR ?
Setiap KOPDAR mengusung tema yang berbeda meskipun sebenarnya acara intinya adalah sama yaitu mewadahi pendaki gunung yang ingin berpartisipasi nyata dalam kegiatan lingkungan dan kegiatan pendakian juga menyambung silaturahmi sesama pendaki gunung. Dalam acara KOPDAR biasanya diselipkan kegiatan tambahan, dapat berupa penyampaian materi oleh narasumber atau bahkan praktek langsung seperti tali temali atau panjat dinding. Materi yang disampikan pun beraneka ragam mulai dari medis, navigasi darat, survival hingga manajemen pendakian.

Kopdar Komunitas Pendaki Gunung Regional Karawang
Belum pernah datang KOPDAR ?
Tenang, kebanyakan orang yang hadir pada waktu KOPDAR juga baru pertamakali menghadiri event event seperti ini. Justru KOPDAR tersebutlah yang akan menjadi wadah agar kita saling mengenal satu sama lain dalam dunia nyata. Kita bisa mengajak siapapun, dari organisasi manapun dan dari komunitas manapun untuk hadir dalam acara KOPDAR.

Kopdar Komunitas Pendaki Gunung Regional Depok
Kapan KOPDAR dilaksanakan ?
Jadwal KOPDAR setiap regional KPG berbeda satu sama lain. Ada Regional yang melaksanakan KOPDAR setiap 1 bulan, 2 bulan atau bahkan setiap 2 minggu sekali. Informasi mengenai jadwal KOPDAR selalu diposting pada grup Facebook “Komunitas Pendaki Gunung”, Fun Page “Komunitas Pendaki Gunung" atau Instagram “Komunitas_Pendaki_Gunung”
Apa keuntungan mengikuti KOPDAR ?
1. Mendapatkan kawan kawan baru
2. Mendapatkan pengetahuan baru
3. Berpartisipasi dalam kegiatan yang bermanfaat

Kopdar Komunitas Pendaki Gunung Regional Jepara
Penutup
Segala kegiatan yang dilakukan oleh komunitas pendaki gunung selalu bermula dari KOPDAR. Jika anda merasa tergugah untuk membuat perubahan bagi alam dan bangsa maka bergabunglah bersama kami. Kami tunggu pada KOPDAR Komunitas pendaki Gunung di wilayah masing masing.

Salam Lestari

1 komentar:

Konveksi Kaos Bandung South Legend mengatakan...

keren

Posting Komentar